Langsung ke konten utama

Postingan

Berakhir di Kantor Polisi

Hi semuanya!!
Kali ini saya mau cerita soal pengalaman yang kurang nyaman beberapa waktu lalu. Kejadian tersebut membawa saya berujung pada kantor polisi yang berjarak beberapa kilometer dari sekolah. Ini pula kali pertama bagi saya masuk ke kantor polisi yang ada di Korea. Sayangnya, itu semua karena keteledoran saya. Hm...
Sepulang dari makan malam bersama teman-teman lab, kami berjalan ke bus stop. Saat itu handphone saya taruh di saku celana. Hari itu saya duduk di kursi yang tepat berada di atas ban bus. Itu sebabnya kaki saya tekuk. Seperti biasanya, saat di bus saya mengobrol bersama teman saya atau melihat pemandangan dari jendela hingga tiba di tempat tujuan.
Tiba disekolah saya hendak mengecek hp. Melihat ke tas, tak ada, di saku celana pun tak ada. Saya mulai sedikit panik. Setelah mengingat-ingat kejadian sebelumnya, maka kemungkinan terbesar yaitu handphone saya tertinggal atau jatuh di bus. 
Alhamdulillah ada dua teman saya yang siap membantu. Satu orang berusaha menele…
Postingan terbaru

Prosesi pernikahan di Korea

Hai semua...
Kali ini saya mau cerita pengalaman saya memenuhi undangan pernikahan teman lab sebelah. Saya pribadi sangat berbahagia setiap kali ada teman Korea yang menikah. Maklum, jarang teman saya yang mau menikah, bahkan memiliki anak. Sebulan sebelumnya, dia memberikan sepucuk surat undangan pernikahan. Saya senang sekali ^^
Disatu sisi saya juga sangat penasaran dengan adat pernikahan di Korea. Sebenarnya teman saya kemarin memilih tema internasional, jadi bukan dengan upacara adat. Meski demikian bagi saya tetap saja spesial karena ini pertama kalinya saya menghadiri kondangan alias pesta pernikahan di Korea.
Upacara pernikahan di mulai pukul 12.00. Saya dan seorang teman lab saya datang 30 menit lebih awal. Tujuannya adalah supaya kami dapat bertemu terlebih dahulu dengan mempelai wanita yang merupakan teman kami. Nah, di Korea mempelai wanita akan berada di suatu ruangan khusus sebelum acara pernikahan. Di ruangan tersebut teman-teman dekat atau saudara mempelai wanita data…

Selamat Idul Adha 1440 H

Hi semua...Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H ^.^
Gimana nih lebaran idul adha kalian? Udah makan berapa tusuk sate dan berapa piring olahan daging nih? Hahahaha...
Semoga setelah lebaran idul adha kita menjadi orang yang lebih baik ya :)
Nah kali ini saya akan berbagi cerita tentang aktivitas saya selama hari raya idul adha di sini. Jauh dari rumah bukan berarti saya tak menyambut lebaran. Memang terasa berbeda dengan suasana di rumah, tapi tak apa karena teman-teman di sini pun juga merasakan hal yang sama :)
Setelah melaksanakan puasa Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah) selama seharian, malam harinya setelah isya saya dan teman-teman pergi ke masjid untuk membantu persiapan perayaan idul adha esok hari. Banyak ternyata yang harus di kerjakan, maka kami pun bagi-bagi tugas. Saya bertugas membantu menggoreng lumpia dan onde-onde untuk snack jamaah esok hari, sedangkan beberapa teman saya membatu mengemas snack. Ada pula yang bertugas menyiapkan daging untuk di masak sate besok harinya. Sem…

Professor Sabbatical? Gimana dong?

Hai semua!
Bulan ini tepat satu tahun professor saya sabbatical di Seattle. Nah, jadi setelah satu semester saya di lab Echem Agustus 2018 lalu, professor saya harus sabattical selama satu tahun. Itu artinya lab akan berjalan tanpa kehadiran professor secara fisik.  Kalau ditanya gimana rasanya, ya ada enak dan enggaknya. Ada positif dan negatifnya.
Apa sih sabbatical itu? Kalu disearch via google, ini artinya: " A period of paid leave granted to a university teacher to other worker for study or tavel, traditionally one year for every seven years worked." Nah, professor saya ini udah ngajar di univ yang sekarang selama kurang lebih tujuh tahun, maka dari itu ia dapat mengambil kesempatan rehat selama satu tahun, tetapi masih digaji. Selama satu tahun itu, biasanya professor enggak leha-leha di rumah gitu, tapi milih buat gabung jadi research fellow di universitas tertentu. Universitas tujuan ini juga terserah mau di dalam negeri ataupun luar negeri. Intinya professor off dul…

Akhir Pekan di Seoul

Hai semuanya!
Di cerita kali ini saya mau kasih contoh itinerary 3 hari dua malam di Seoul. Dua minggu lalu saya dan Jieun berlibur singkat di Seoul selama 3 hari dua malam. Sepertinya ini menarik untuk dibagikan. Misal kalian cuma punya waktu dari Jumat sore sampai Minggu sore, tapi kalian pengen nih jalan-jalan di banyak tempat sekitaran Seoul. Nah, mungkin rancangan jadwal ini cocok untuk kalian. Oke mari kita bahas satu-satu...
Hari pertama (Jumat) Lets say kalian punya jadwal padat sampai jumat siang dan baru bisa berangkat ke Seoul Jumat sore. Enggak apa, berangkat aja hari Jumat sore tapi pastikan sekitar jam 7 atau 8 malam kalian sudah sampai di Seoul. Harapannya kalian masih punya cukup waktu untuk cari penginapan. Saran saya kalian sudah cari dulu guest house sebelum kalian berangkat. Jadi sesampainya di Seoul kalian nggak bingung lagi soal tempat tinggal. Nah, sesampainya di Seoul, kalian bisa tuh cari makan malem dulu atau langsung ke guest house. Kalau saya kemarin pilih l…